Berlayar Ke Samudra Kemandirian

Berita - Selasa, 19 Maret 2019
LBH Bandar Lampung - Berlayar Ke Samudra Kemandirian & Berlabuh Di Dermaga Kemakmuran Bersama Image by : LBH Bandar Lampung

Pekan lalu LBH Bandar Lampung menghadiri undangan Harlah Forum Silaturahmi Petambak Bratasena (Forsil) yang ke tujuh tahun. Acara dilaksanakan di dalam komplek pertambakan yang berjarak kurang lebih 6 jam perjalanan darat dari pusat kota Bandar Lampung dan harus menyeberangi sungai Way Seputih menggunakan kapal speedboat selama 15 menit.

Perlu diketahui, Forsil adalah salah satu Organisasi Rakyat Petambak Udang yang terbentuk pada tahun 2012 dan berhasil di organisir dan diperkuat oleh LBH Bandar Lampung dengan pendekatan Bantuan Hukum Struktural (BHS) pasca konflik yang terjadi antara petambak plasma dengan kelompok petambak pendukung perusahaan. BHS memaknai bantuan hukum secara luas, tidak hanya terbatas pada pemberian pelayanan dan pendampingan bagi masyarakat miskin di dalam maupun di luar pengadilan, sehingga pada perkembangannya salah satu ruang lingkup dari BHS juga memberikan kecakapan dan kemandirian masyarakat miskin untuk mewujudkan hak-hak mereka.

Sebagaimana tujuan dari Bantuan Hukum Struktural adalah menciptakan terwujudnya sistem hukum yang mampu mengubah struktur yang timpang menjadi lebih adil, menjamin persamaan kedudukan baik di bidang politk, ekonomi, sosial, dan budaya. Bahwa dampak dari BHS yang diberikan ke masyarakat petambak Forsil yang saat ini setidaknya terdapat 600 kepala keluarga sebagai anggota aktif telah memiliki koperasi yang sudah berdiri selama tiga tahun dan mampu membangun jaringan dengan mitra secara mandiri sehingga ketimpangan struktur yang menyebabkan hilangnya hak-hak dasar masyarakat perlahan hilang seiring berkembangnya kesejahteraan yang dirasakan.

Selamat Ulang Tahun Petambak Udangku


tag : lbh bandar lampung, forsil bratasena

Bagikan : Facebook Google Twitter Print

Lihat Berita Lainnya

Pengaduan/Komplain

Silahkan menyampaikan keluhan anda terhadap kinerja yang kami berikan dalam memberikan bantuan hukum. Seluruh bentuk pengaduan/komplain yang anda sampaikan, dapat membantu meningkatkan kinerja kami.

Kirim Pengaduan/Komplain

© 2019 - 2022 . All rights reserved | LBH BANDAR LAMPUNG