Konsolidasi Organisasi Bantuan Hukum

Berita - Selasa, 21 Mei 2019
LBH Bandar Lampung - Konsolidasi Organisasi Bantuan Hukum & Paralegal Di Provinsi Lampung Upaya Peningkatan Pelaksanaan Bantuan Hukum Image by : LBH Bandar Lampung

Pasal 9 UU No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum secara tegas dinyatakan bahwa: “pemberi bantuan hukum berhak melakukan rekrutmen terhadap advokat, paralegal, dosen, dan mahasiswa fakultas hukum”. Selanjutnya dalam Pasal 10 huruf c dinyatakan bahwa: “pemberi bantuan hukum berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan hukum bagi advokat, paralegal, dosen dan mahasiswa fakultas hukum yang direkrut”.  Terlebih berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor : 16 tahun 2018 tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2019 yang didalamnya menyebutkan bahwa “pengembangan bantuan hukum dan paralegal Desa untuk penyelesaian masalah secara mandiri oleh Desa” dan desa harus melakukan pengembangan kapasitas paralegal desa yang didanai melalui anggaran dana desa.

""

Keluarnya Permenkumham Nomor 1 Tahun 2018 tentang Paralegal memberikan paralegal kewenangan dalam pemberian bantuan hukum ditingkat litigasi maupun non-litigasi, sebagaimana tertuang dalam Pasal 11 dan 12 . Permen tersebut dibatalkan dengan Putusan mahkamah Agung Nomor : 22 P/HUM/2018 yang pada intinya bahwa paralegal diberikan dibatalkan oleh Mahkamah Agung karena bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat.

""

Berdasarkan SK Menkumham RI No: M.HH-01.HN.07.02 Tahun 2018 tentang Lembaga/Organisasi Bantuan Hukum yang Lulus Verifikasi dan Akreditasi Sebagai Pemberi Bantuan Hukum Periode Tahun 2019-2021, Ada 504 OBH di seluruh Indonesia yang telah terakreditasi dan terjadi peningkatan jumlah OBH. Sebelumnya hanya ada 405 OBH di seluruh Indonesia berdasarkan SK Menkumham No: M.HH-01.HN.03.03 Tahun 2016.

 ""

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Miskin memberikan peluang terhadap penguatan substansi bantuan hukum. Provinsi Lampung dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 1.091.600 jiwa dan telah memiliki tujuh belas (17) Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang berakreditasi C, artinya keterbatasan Avokat yang melakukan bantuan hukum juga menjadi kendala. Sebaran OBH terakreditasi yaitu di tujuh (7) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, sembilan (9) diantaranya berada di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan dua (2) OBH, Kabupaten Lampung Utara dua (2) OBH, Kabupaten Pesisir Barat, Way Kanan, Tanggamus, dan Tulang Bawang masing-masing satu (1) OBH. Artinya masih terdapat 8 Kabupaten/Kota yang masih belum memiliki OBH yang terakreditasi untuk melakukan pemenuhan bantuan hukum.

Kondisi penambahan jumlah OBH harus juga di dukung dengan paralegal di tiap-tiap daerah. Hal tersebut dikarenakan OBH terakredirtasi di Provinsi Lampung masih terakreditasi C, dan terdapat 8 Kabupaten/kota yang masih belum memiliki OBH. Konsolidasi antara OBH dan Paralegal harus dilakukan sebagai upaya peningkatan pelaksanaan bantuan hukum di Provinsi Lampung.

""

Seminar Paralegal yang dilaksanakan pada tanggal 29 April 2019 lalu diikuti oleh peserta yang terdiri dari perwakilan Organisasi Bantuan Hukum yang telah terakreditasi di Provinsi Lampung serta Paralegal yang berasal dari perwakilan seluruh dampingan LBH Bandar Lampung yang telah di beri bekal ilmu hukum dasar. Sebagai narasumber turut hadir pula narasumber yang berkompeten yakni dan Chandra Muliawan, S.H., M.H Direktur LBH Bandar Lampung Bapak Ignasius MT Silalahi, S.H dari Kanwil KemenkumHAM Lampung, Bapak Rozali Umar, S.H dari Peradi Cabang Bandar Lampung, dan Dr. Budiono, S.H., M.H Akademisi FH Unila. 

tag : Seminar Paralegal, LBH Bandar Lampung, Organisasi Bantuan Hukum, Lampung

Bagikan : Facebook Google Twitter Print

Lihat Berita Lainnya

Pengaduan/Komplain

Silahkan menyampaikan keluhan anda terhadap kinerja yang kami berikan dalam memberikan bantuan hukum. Seluruh bentuk pengaduan/komplain yang anda sampaikan, dapat membantu meningkatkan kinerja kami.

Kirim Pengaduan/Komplain

© 2019 - 2022 . All rights reserved | LBH BANDAR LAMPUNG