Membangun Sinergitas dan Komitmen Bersama Organisasi Bantuan Hukum Dalam Penyelenggaraan Akses Bantuan Hukum

Berita - Kamis, 14 Maret 2019
LBH Bandar Lampung - Membangun Sinergitas dan Komitmen Bersama Organisasi Bantuan Hukum Dalam Penyelenggaraan Akses Bantuan Hukum Image by : admin

Menyambut era digitalisasi menuju revolusi industri 4.0, tentu bangsa ini harus mempersiapkan diri baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia. Namun tidak hanya pada sektor bisnis saja, kedepan pelayanan berbasis internet dan teknologi juga menyentuh sektor bantuan hukum guna memperluas akses bantuan hukum untuk para pencari keadilan. Organisasi bantuan hukum (OBH) diharapkan dapat memiliki wadah atau sebuah fasilitas yang dapat digunakan untuk memperluas gerakan bantuan hukum cuma-cuma.

Oleh karena itu, sebagai lokomotif OBH di Provinsi Lampung, LBH Bandar Lampung mensosialisasikan website resmi dengan nama domain www.bantuanhukumlampung.or.id. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, website tersebut menjadi langkah awal OBH untuk membangun sebuah sistem bantuan hukum yang berbasis internet dan teknologi agar terwujudnya pemerataan akses keadilan di Provinsi Lampung tanpa terbatas ruang dan waktu. Bahwa didalam website tersebut akan diisi dengan profil dari seluruh OBH yang ada di Provinsi Lampung dan seluruh Update terkini tentang OBH.

kemudian, Melalui workshop dengan tema "Sinergitas dan Komitmen Bersama Organisasi Bantuan Hukum dalam Penyelenggaran Akses Bantuan Hukum di Provinsi Lampung" yang diselenggarakan dengan OBH yang terakreditasi dan yang belum terakreditasi diharapkan dapat mengembangkan dan menguatkan kapasitas baik lembaga maupun internal kelembagaan dari OBH tersebut, sehingga ada peningkatan dari segi kualitas pemberian bantuan hukum yang diberikan baik OBH yang sudah terakreditasi.

Mengingat SK Menkumham RI No: M.HH-01.HN.07.02 Tahun 2018 tentang Lembaga/Organisasi Bantuan Hukum yang Lulus Verifikasi dan Akreditasi Sebagai Pemberi Bantuan Hukum Periode Tahun 2019-2021 Provinsi Lampung telah memiliki tujuh belas (17) Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang telah diakreditasi oleh Kementerian Hukum Dan HAM RI yang tersebar di tujuh (7) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, sembilan (9) diantaranya berada di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan dua (2) OBH, Kabupaten Lampung Utara dua (2) OBH, Kabupaten Pesisir Barat, Way Kanan, Tanggamus, dan Tulang Bawang masing-masing satu (1) OBH.

Workshop dilaksanakan pada 14 Maret 2019 di Hotel Whizprime Bandar Lampung dan turut dihadiri oleh Dr. Budiono, S.H., M.H (akademisi FH Unila) dan Bapak Ignatius MT Silalahi Kabid Hukum Kanwil KemenkumHAM Lampung sebagai narasumber.



tag : LBH Bandar Lampung, Workshop, Sosialisasi Website, akses keadilan

Bagikan : Facebook Google Twitter Print

Lihat Berita Lainnya

Pengaduan/Komplain

Silahkan menyampaikan keluhan anda terhadap kinerja yang kami berikan dalam memberikan bantuan hukum. Seluruh bentuk pengaduan/komplain yang anda sampaikan, dapat membantu meningkatkan kinerja kami.

Kirim Pengaduan/Komplain

© 2019 - 2022 . All rights reserved | LBH BANDAR LAMPUNG