Penetapan Tersangka Hanya Awal

Berita - Kamis, 09 Juli 2020
LBH Bandar Lampung - Penetapan Tersangka Hanya Awal Image by : LBH Bandar Lampung

LBH Bandar Lampung telah menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) A3 Nomor SP2HP/353/VII/RES.1.24/2020/ Ditreskrimum terkait dengan hasil penyelidikan Dugaan Tindak Pidana Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Kabupaten Lampung Timur.


Terhadap Laporan Polisi Nomor: LP/B-977/VII/2020/LPG/SPKT tanggal 03 Juli 2020, kemudian dilakukan pemeriksaan lanjutan dalam tahap penyelidikan pada hari Senin tanggal 07 Juli 2020, dimana  pemeriksaan tersebut LBH Bandar Lampung mendampingi korban beserta saksi EW dan D untuk dimintai keterangan dan kesaksiannya demi melengkapi proses perkembangan perkara ini. Berdasarkan pemeriksaan lanjutan tersebut, sebagaimana telah dituangkan dalam SP2HP, menerangkan bahwa pihak kepolisian telah menetapkan DA yang semula terlapor sebagai Tersangka.


Bahwa kami melihat dengan ditetapkannya status Tersangka, pihak kepolisian wajib menangkap dan menahan saudara DA sesuai dengan penjelasan Pasal 20 KUHP huruf a : Untuk kepentingan penyidikan, penyidik atau penyidik pembantu atas perintah penyidik berwenang melakukan penahanan


Agar potensi tersangka untuk melarikan diri dan menghilangkan barang bukti dapat diminimalisir sedini mungkin. Penetapan Tersangka Hanya Awal Dari Upaya Untuk Membongkar Dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

 

Dengan ditetapkannya DA sebagai tersangka, ini merupakan langkah awal bagi Kepolisian Daerah Lampung untuk segera memeriksa tersangka yang dapat dikembangkan untuk menggali perkara pencabulan ini secara dalam serta menyisir sejumlah terduga pelaku yang terlibat dalam kasus ini.

 

Karenapatut diduga tersangka telah melakukan tindak pidana perdagangan orang seuai dengan fakta dan keterangan korban di dalam proses pemeriksaandan kami mendesak untuk segera diproses serta diusut sesuai dengan dugaan-dugaan yang ada didalam perkara ini sampai perkara ini terang. 

 

Oleh karena itu, kami LBH Bandar Lampung yang sekaligus juga sebagai kuasa hukum dari korban mendorong Polda Lampung untuk segera menangkap DA dan lakukan pemeriksaan untuk mengurai secara komprehensif dan membongkar kejahatan seksual terhadap anak di Lampung Timur, termasuk Indikasi Dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang!


 


 


tag : P2TP2A, Lampung Timur, PPPA, Lampung, Kekerasan Seksual, Cabul, Kekerasan Seksual Anak, Polda Lampung, Tersangka

Bagikan : Facebook Google Twitter Print

Lihat Berita Lainnya

Pengaduan/Komplain

Silahkan menyampaikan keluhan anda terhadap kinerja yang kami berikan dalam memberikan bantuan hukum. Seluruh bentuk pengaduan/komplain yang anda sampaikan, dapat membantu meningkatkan kinerja kami.

Kirim Pengaduan/Komplain

© 2019 - 2022 . All rights reserved | LBH BANDAR LAMPUNG