Peningkatan Nilai Kopi Memutus Mata Rantai Tengkulak

Berita - Selasa, 09 Juli 2019
LBH Bandar Lampung - Peningkatan Nilai Kopi Memutus Mata Rantai Tengkulak Image by : LBH Bandar Lampung

Kopi telah menjadi komoditas di Provinsi Lampung sejak bertahun-tahun yang lalu. Kabupaten Pesawaran adalah salah satu kabupaten yang menjadi pemasok kopi di Provinsi Lampung meski masih belum terlalu dikenal seperti Kopi Lampung Barat dan Tanggamus.

""

Penguasaan harga dan pasar oleh tengkulak dan minimnya modal masih menjadi problem di kalangan petani di Pesawaran. Hal tersebut tidak semerta-merta, namun juga dipengaruhi oleh kesadaran petani yang masih mengelola kopi dengan cara asalan, sehingga petani tidak memiliki posisi tawar untuk menaikan derajat kopinya.

""

Dengan menggunakan kaca mata bantuan hukum struktural LBH Bandar Lampung melihat belenggu tengkulak yang masih menjadi bayang-bayang petani kopi pesawaran adalah salah satu masalah struktural yang dihadapi oleh petani kopi di pesawaran. Oleh karena itu, pemberdayaan dan penyadaran petani kopi di Pesarawan untuk meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan diharapkan dapat memutus mata rantai pasar yang dikuasai oleh tengkulak dan bertani secara mandiri sehingga mampu meningkatkan nilai kopi dan harga diri petani yang kemudian juga dapat mengangkat petani kopi dari ketimpangan struktur yang ada. 


""

""

Sosialisasi dan Pemberdayaan yang dilakukan oleh LBH Bandar Lampung pada beberapa waktu yang lalu kepada Dewan Rakyat Lampung yang merupakan salah satu Organisasi Rakyat dampingan LBH Bandar Lampung yang sebagian besar adalah petani kopi di Kabupaten Pesawaran merupakan bentuk advokasi dengan menggunakan perspektif bantuan hukum struktural yang mana bantuan hukum harus mampu menjangkau akar permasalahan yang ada dan perlahan menghapus ketimpangan struktur yang dialami oleh masyarakat.

""


tag : kopi pesawaran, sosialisasi, empowering, lampung, kopi lampung

Bagikan : Facebook Google Twitter Print

Lihat Berita Lainnya

Pengaduan/Komplain

Silahkan menyampaikan keluhan anda terhadap kinerja yang kami berikan dalam memberikan bantuan hukum. Seluruh bentuk pengaduan/komplain yang anda sampaikan, dapat membantu meningkatkan kinerja kami.

Kirim Pengaduan/Komplain

© 2019 - 2022 . All rights reserved | LBH BANDAR LAMPUNG